Candi Borobudur Magelang JawaTengah

 Magelang - Candi Borobudur adalah sebuah obyek wisata yang  terkenal dan bahkan menjadi salah satu tujuan favorit  wisata di Jawa Tengah, baik wisatawan lokal atau asing. Candi Borobudur adalah sebuah Candi Buddha yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi ini terletak di kecamatan Borobudur , kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ( Indonesia ) atau sekitar 40 km dari kota Jogjakarta , Jawa Tengah ( Indonesia ) .

 Candi Borobudur kurang lebih memiliki 1300 panel relief yang sangat cantik dan menarik. Candi Borobudur trelah mengalami 2 kali pemugaran yaitu tahun 1907 – 1911 oleh Theoderos Van Erp pada masa penjajahan belanda , dan 60 ( enam puluh ) tahun kemudian kondisi Candi Borobudur kembali dalam keadaan yang membahayakan, kemudian pemerintah Indonesia dengan bantuan dari Unesco melaksanakan pemugaraan untuk kedua kalinya, yang di berlangsung dari tahun 1973 -1983.

 Candi Borobudur memiliki 9 tingkat yaitu : 6 tingkat di bawah “ dan untuk tiap sisinya agak berliku-liku, 3 tingkat di atasnya “ berbentuk lingkaran dan tingkat paling atas yang di sebut tingkat ke-10 adalah sebuah Stupa besar yang memiliki ukuran diameternya 9,90 meter dan tinggi 7 meter . setiap tingkatan-tingkatan di Candi Borobudur merupakan sebuah “ tiruan “ dari alam semesta menurut ajaran Buddha yang terdiri atas 3 bagian besar yaitu (1) Kamadhatu , (2) Rupadhatu, (3) Arupadhatu.

- Bagian “ kaki “ melambangkan Kamadhatu yaitu dunia yang masih di kuasai oleh kama atau nafsu ( keinginan ) yang rendah.

- Rupadhatu , yaitu dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari ikatan nafsu, tetapi masih terkait oleh rupa dan bentuk , yaitu dunianya orang suci dan merupakan “ alam antara” yang memisahkan “ alam bawah “ ( Kamadhatu ) “ dengan alam atas “ ( Arupadhatu ).

- Arupadatu, yaitu “ alam atas “ atau nirwana , tempat para Buddha bersemayam di mana kebebasan mutlak telah tercapai , bebas dari keinginan dan bebas dari ikatan bentuk dan rupa.

 Candi Borobudur adalah sebuah Maha karya besar yang penuh dengan nilai sejarah , maka tak heran banyak pengunjung yang datang ke Candi ini terpesona dengan arsitektur Candi borobudur baik reliefnya , Stupa atau dengan berbagai bangunan unik yang ada di Candi ini. Oleh karena itu, Candi Borobudur adalah sebuah tempat yang harus di kunjungi khususnya saat kita berada di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya.








Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *