Pura Meru - Lombok.

 Lombok - Pura Meru Adalah sebuah Pura terbesar yang berada di kawasan Lombok., letak Pura Meru berada di sebelah Taman Mayura dan di bangun secara bersamaan yakni pada tahun ( 1720 ) .  Pura Meru , di bangun pada tahun 1720 di bawah pengawasan Anak Gunung Gde Karang Asem Salah satu raja Karang Asem.

 Untuk sampai ke Pura Meru banyak akses yang bisa kita pilih. Karena Pura Meru terletak di tengah kota sehingga bisa kita tempuh dengan kendaraan umum. Selain di gunakan untuk acara keagamaan dan sembahyang umat hindu di Lombok, Pura ini juga memiliki bangunan yang menarik dan indah untuk di saksikan.

 Pura Meru terdiri dari 3 halaman yang luas , dan halaman yang berada di paling barat memiliki keunikan dengan terdapatnya Rumah “ KulKul “ atau Kentongan. Halaman di tengah memiliki dua buah bangunan besar yang berundak-undak / tangga . Fungsi dari Bangunan ini sering di gunakan untuk tempat menyusun sesaji untuk upacara dan sembahyang. sedangkan halaman paling timur terdapat bangunan yang memiliki tiga buah menara besar yang menjulang tinggi yang terdiri dari susunan atap yang khas dan unik. Sebelas susun atap pada menara tengah dan Sembilan susun pada menara kiri dan kanan , merupakan symbol dari dewa Shiwa , Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.

Sumber Foto : Google

0 komentar:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *